5 Hal Kecil yang Sering Terlupakan Ketika Video Interview

Haryo U. Suryosumarto | Monday, 11 October 2021

Sudah hampir dua tahun pandemi COVID-19 ini berlangsung, dan selama ini pula kita semua mesti menyesuaikan diri dengan banyak hal-hal yang baru dalam hidup kita. Termasuk salah satunya dalam hal wawancara kerja atau interview yang kian jamak menggunakan berbagai aplikasi video conference, seperti: Zoom, Google Meet, Cisco Webex, Microsoft Teams, dan lain sebagainya.

Berdasarkan pengalaman saya (bahkan jauh sebelum pandemi) yang sering melakukan video interview sebelumnya, ada beberapa hal kecil yang kurang diperhatikan atau kurang dipersiapkan dengan baik oleh kandidat dalam video interview.

Berikut adalah 5 hal kecil yang bisa menjadi masalah besar apabila tidak diperhatikan atau kurang dipersiapkan dengan baik sebelum video interview berlangsung…

Kualitas Koneksi Internet Tidak Stabil

Untuk bisa melakukan video interview dengan lancar, coba buka situs Speedtest.net dan pastikan koneksi internet yang Anda pergunakan memiliki kecepatan download minimal 5 Mbps dan kecepatan upload minimal 2 Mbps (lebih cepat tentunya lebih baik).

Terlalu Banyak Gangguan Suara

Usahakan berada di tempat yang tenang dan minim gangguan suara selama Anda melakukan video interview, karena selain membantu Anda lebih fokus, juga membuat komunikasi dua arah dengan si pewawancara dapat terbangun.

Pencahayaan dan Latar Belakang

Pastikan siapapun yang mewawancarai Anda melalui video interview bisa melihat jelas wajah Anda karena berada di ruangan yang pencahayaannya baik, dan jangan sesekali duduk membelakangi jendela. Latar belakang terbaik yang paling sederhana sebetulnya adalah dinding polos atau dinding dengan aksesoris minimal, sehingga tidak terkesan mengganggu.

Posisi Kamera dan Arah Tatapan Anda

Baik menggunakan kamera ponsel ataupun webcam yang ada di laptop, pastikan bahwa posisi kamera minimal sejajar dengan bibir Anda dengan jarak sekitar 50 cm untuk mendapatkan sudut optimal yang membuat Anda terlihat proporsional di layar si pewawancara.  Diperbolehkan menatap ke layar ketika si pewawancara berbicara, tapi segera alihkan pandangan dengan menatap ke kamera setiap kali Anda berbicara, karena ini merupakan bentuk “eye contact” yang dibangun dalam video interview.

Pakaian Yang Dikenakan

Tidak ada yang melarang Anda mengenakan sarung atau celana pendek ketika sedang video interview, akan tetapi pastikan bahwa Anda mengenakan atasan formal, seperti kemeja atau blazer, sebagai bentuk penampilan profesional dan juga bentuk penghargaan kepada perusahaan yang telah meluangkan waktu untuk mewawancarai, meski baru sebatas melalui video.

Hal-hal lain yang mesti diperhatikan tentunya relatif masih sama seperti halnya apabila wawancara dilakukan secara tatap muka.

Tapi disini sangat penting diingat bahwa meski video interview tidak mengharuskan Anda untuk keluar rumah, bukan berarti persiapan yang dilakukan pun kemudian menjadi hanya ala kadarnya saja.

IF YOU FAIL TO PREPARE, IT MEANS YOU PREPARE TO FAIL.

Tag Label:

Job Interview