Self-management Skill

Azka Tsania Affandi | Wednesday, 25 May 2022

Salah satu tantangan dalam bekerja, terutama bekerja jarak jauh (remote working), adalah mempertahankan fokus dan produktivitas. Tantangan tersebut dapat ditanggulangi dengan self-management skill. Self-management skill merupakan keahlian yang penting dalam pekerjaan.

Self-management, atau self-control, adalah kemampuan untuk mengatur emosi, pikiran, dan perilaku seseorang (diri sendiri) secara efektif dalam situasi yang berbeda. Kemampuan ini juga identik dengan kemampuan mengelola diri guna membuat proporsi prioritas. Beberapa ciri seseorang telah menerapkan self-management dengan baik adalah bekerja dengan persiapan yang matang, memperhatikan dan mengikuti arahan, serta bekerja secara mandiri dengan fokus.

Ada beberapa aspek dalam self-management yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah:

Pengorganisasian (Organizing)

Kecakapan organisasi yang baik, energi, dan sumber daya lainnya sesuai dengan kondisi kesehatan mental dan fisik masing-masing individu.

Kemampuan Memotivasi Diri (Self-Motivation)

Keinginan dan kemampuan untuk melakukan pekerjaan atau aktivitas tertentu yang datang dari diri sendiri.

Manajemen Waktu (Time Management)

Pengelolaan waktu dengan baik dan efektif dalam upaya menuntaskan pekerjaannya dengan cara menetapkan target waktu, membuat jadwal (time schedule), dan lain-lain.

Peningkatkan keterampilan self-management dapat dilakukan dengan beragam cara, seperti:

  • Membiasakan diri agar tidak sering menunda pekerjaan, terlepas dari sekecil ataupun sesepele apapun itu. Hal ini juga erat kaitannya dengan melatih kedisiplinan dan tanggung jawab.
  • Membuat skala prioritas yang diterapkan dengan mendahulukan pekerjaan yang mendesak dan penting.
  • Mengevaluasi diri, dalam konteks apakah Anda selama ini sudah mampu menjauhkan diri dari segala bentuk distraksi selama bekerja, atau apakah semua pekerjaan dapat terselesaikan secara tepat waktu, dan lain sebagainya.

Jika memiliki self-management yang baik, produktivitas Anda selama bekerja bisa terjaga dan performa kerja Anda dapat meningkat.

Tag Label:

articles