Riset Perusahaan Bagi Pelamar Kerja

Rochmah Sri Lestari | Wednesday, 08 June 2022

Saat ini dengan adanya media sosial, perusahaan bisa menyampaikan seperti apa budaya yang diterapkan di kantor. Hal ini tentu mempermudah para pelamar, terutama Fresh Graduate untuk mendapatkan informasi sebelum memutuskan untuk bekerja di suatu perusahaan.


Selain itu, perusahaan yang aktif di media sosial bisa memperoleh kemudahan agar mendapatkan kandidat yang cocok, apalagi jika yang melamar adalah kandidat yang sudah melakukan riset dan mendapatkan informasi dari media sosial perusahaan.


Namun, bagaimana jika setelah melakukan riset dan kemudian berhasil mendapatkan pekerjaan di perusahaan, kandidat merasa apa yang disampaikan perusahaan di media sosial, terutama terkait dengan budaya, tidak sesuai dengan apa yang diterapkan di kantor? Hal ini bisa saja terjadi karena kandidat kurang dalam dalam melakukan riset.


Maka dari itu, ada 3 hal yang bisa Anda lakukan sebagai pelamar kerja untuk melengkapi hasil riset yang telah dilakukan terhadap perusahaan:


1. Berkomunikasi dengan interviewer


Ketika Anda mendapatkan kesempatan untuk interview, Anda bisa memastikan lagi kepada interviewer terkait dengan apa yang Anda sudah lihat di media sosial perusahaan, terutama terkait dengan budaya. Sampaikan pertanyaan Anda dengan baik agar terhindar dari kesalahpahaman.


2. Pertimbangkan kembali hasil riset Anda


Setelah melakukan riset dan berdiskusi dengan interviewer, pertimbangkan apakah Anda cocok jika nanti bekerja di perusahaan tersebut.


3. Lihat perkembangan perusahaan


Sambil menunggu hasil dari proses interview, ikuti perkembangan perusahaan sehingga jika pada akhirnya mendapatkan kesempatan untuk kerja di perusahaan, Anda sudah yakin bahwa Anda mau menjadi bagian dari perusahaan.


Tidak hanya perusahaan yang melakukan riset sebelum memutuskan untuk menjadikan kandidat bagian dari perusahaan, kandidat juga perlu melakukannya.


Hasil riset dan observasi yang Anda lakukan terhadap calon perusahaan, khususnya pada saat proses rekrutmen berjalan, akan mempermudah Anda dalam mengambil keputusan untuk bekerja di sebuah perusahaan. Dengan begitu, perusahaan juga diuntungkan karena kandidat yang masuk adalah kandidat yang sudah siap untuk mendukung masa depan perusahaan.

Tag Label:

articles