6 Tips Mempromosikan Budaya Perusahaan

Afrina Karenina Rizal | Monday, 18 October 2021

Seandainya anda sudah percaya diri dengan budaya perusahaan anda, anda bisa menggunakan beberapa cara berikut untuk menarik kandidat untuk tertarik bekerja di perusahaan anda. Silahkan simak berikut ya


Pertama, Jangan hanya bicara, tapi jadilah budaya tersebut


Mengatakan bahwa budaya perusahaan anda bagus itu mudah, tapi apakah perilaku sehari-hari anda dan kolega/karyawan anda juga mencerminkan hal tersebut? Action speaks louder than words. Kalaupun ingin bercerita, bisa menggunakan kisah nyata atau cerita sehari-hari di kantor anda yang mencerminkan budaya perusahaan tersebut.


Kedua, Ajak kandidat berkeliling kantor


Kandidat yang sedang melamar di perusahaan anda saya yakin memiliki rasa penasaran yang sangat besar mengenai perusahaan anda. Mengajak mereka berkeliling selain mengobati penasaran mereka dan memperkuat keinginan mereka untuk bergabung, juga bisa menunjukan tingkat kepercayaan dan keterbukaan di perusahaan anda.


Ketiga, Biarkan tim yang mewawancarai kandidat

Atasan saya di kantor sering sekali melakukan ini. Beliau menjadwalkan kami untuk mewawancarai calon karyawan baru khususnya di wawancara pertama. Selain kami juga semakin memahami apa yang kami cari dari seorang kandidat untuk di perusahaan kami, kandidat juga bisa mengenal kami sebagai karyawan internal bahkan kami juga terbuka jika ada pertanyaan mengenai perusahaan ini selama tidak bersifat rahasia.

Keempat, Jangan terlalu agresif


Bersemangat untuk mempromosikan budaya perusahaan itu baik, namun jangan terlalu agresif. Khususnya jika ingin dicantumkan di lowongan pekerjaan. Misalnya jangan gunakan “hanya merekrut yang terbaik dari yang terbaik”, akan terkesan too good to be true. Realistis saja dan biarkan kandidat menggali pelan-pelan.


Kelima, Aktifkan sosial media


Di jaman sosial media seperti sekarang, sepertinya sayang sekali jika tidak digunakan. Anda bisa posting kegiatan-kegiatan kantor yang menarik yang nantinya akan membuat kandidat tertarik untuk bekerja di perusahaan anda.


Keenam, Dukung kandidat untuk menggali terus mengenai perusahaan anda


Last but not least, bergabung di perusahaan baru biasanya adalah pengalaman menyenangkan dan penuh rasa penasaran. Akan lebih menyenangkan lagi jika ada sneak peek mengenai perusahaan untuk kandidat tersebut. Anda bisa merekomendasikan website perusahaan, sosial media yang aktif atau merekomendasikan kandidat untuk ngobrol dengan karyawan anda, agar kandidat semakin yakin untuk bergabung di perusahaan anda.

Tag Label:

Corporate Culture